Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

hallow

MY BLOGG

hellocity

Senin, 07 November 2011

remaja hidup di dunia masyarakat

Terima Kasih Telah Memilih Blog Ini Sebagai 100 Blog Terbaik di TopSeratus.com

Perkembangan merupakan suatu proses belajar sosial yangberkesinambungan. Masyarakat dan lingkungan mempunyaiharapan-harapan tertentu pada remaja, melalui proses belajarsosial diharapkan remaja belajar memenuhi harapan dan tuntutantersebut dengan menjalankan tugas-tugas perkembangan. SinggihGunarsa menetapkan beberapa tugas perkembangan remaja,yaitu;1) Menerima keadaan fisikRemaja mengalami perubahan fisik. Perbedaan antara harapanremaja maupun harapan lingkungan dengan keadaan fisikdapat menimbulkan masalah dan akhirnya membuat remajasulit untuk menerima keadaan dirinya. Penampilan yang tidaksesuai atau mengecewakan diri biasanya merintangi usahanyauntuk memperluas pergaulan.2) Memperoleh kebebasan emosionalRemaja agar menjadi orang yang de wasa dapat mengambilkeputusan dengan bijaksana maka mereka harus memperolehlatihan dalam mengambil keputusan secara bertahap. Remajaperlu untuk merenggangkan ikatan emosional dengan orangtua supaya belajar untuk memilih usaha sendiri danmengambil keputusan. Tugas perkembangan ini seringkalimenimbulkan pertentangan dalam keluarga sehingga mereka pada akhirnya memilih kemampuan untuk membedakan manayang baik dan mana yang tidak baik, apa yang patut untukdipilih, apa yang harus dihindari, tujuan mana yang harusdikejar dan tindakan atau keputusan mana yang sebaiknyadiambil. Bekal kemampuan yang telah dimiliki tersebut dapatmembantu remaja untuk bergaul dengan orang lain danmenjalankan tugas perkembangan selanjutnya.3) Mampu bergaulTugas perkembanga n yang lain adalah kemampuan bergauluntuk mempersiapkan diri ketika memasuki masa dewasa.Remaja harus belajar bergaul dengan teman sebaya, sejenismaupun tidak sejenis. Tugas perkembangan ini tidak selaluditunjang oleh hasil perkembangan yang lain. Keinginan untukbergaul secara luas mungkin sudah mendorong remaja untukmelakukan usaha pendekatan dengan teman-teman sebayanya,tetapi sering kali perasaan malu, perasan diri tidak sesuaidengan harapan sendiri dan orang lain akan menghambatusahanya dalam melibatkan diri dalam pergaulan yang lebihluas.4) Menentukan model untuk identifikasiPengetahuan yang banyak mengenai peranan dan pekerjaansangat diperlukan untuk memperoleh ruang lingkup pilihanyang luas. Pengetahuan dan contoh nyata dalam kehidupan harus diperoleh dari model masyarakat, tetapi model atauorang yang dijadikan identifikasi harus memiliki kepribadiandan tingkah laku yang baik. Seseorang yang sukses dalam rodakehidupan masyarakat dan dikagumi remaja, mudah dijadikanidentifikasi.5) Mengetahui dan menerima kemampuan diri sendiriRemaja biasanya sudah mulai memikirkan arah perkembanganmenuju masa dewasa. Remaja harus melakukan refleksi diriuntuk memikirkan kemampuan dirinya untuk mencapaiharapan- harapan tersebut. Remaja yang melakukan refleksidiri akan memperoleh pengetahuan tentang dirinya, melakukanpertimbangan dan kemungkinan untuk memanfaatkankesempatan di kemudian hari. 6) Memperkuat penguasaan diri atas dasar nilai dan norma yangberlakuRemaja awal muda terpengaruh oleh lingku ngan luar. Skalanilai dan norma perlu ditanamkan pada remaja untukmencegah pengaruh negatif dari luar. Norma dan nilai tersebutdapat di peroleh melalui identifikasi tokoh atau orang yangdikaguminya dan juga melalui ajaran-ajaran yang diperolehdari sekolah. 7) Meninggalkan reaksi dan cara penyesuaian kekanak- kanakan.Seorang remaja diharapkan bisa meninggalkan kecenderunganuntuk menang sendiri seperti ketika masih kanak- kanak.Remaja harus belajar melihat dari sudut pandang orang lain,belajar untuk menanggungkan hal-hal yang menyenangkan danmendahulukan pelaksanaan tugas dan kewajiban.23Hurlock selanjutnya juga menetapkan beberapa tugasperkembangan yang harus dipenuhi atau dilakukan oleh remaja,yaitu;1) Kontrol tubuh, yaitu remaja harus mengembangkankemampuan kontrol tubuhnya terhadap perkembangan fisikyang dialaminya. Olahraga seperti lari, renang dan senamsangat diperlukan dalam perkembangan fisiknya sehingamenjadi lebih baik dan terkontrol.2) Identifikasi sosial, yaitu remaja mempunyai dua motivasi yangberlainan, yaitu keinginan remaja untuk memenuhi keinginanpribadinya tanpa memperhatikan orang lain dan dilain pihak,ia ingin berhubungan dan menjalin kedekatan dirinya dankeinginan untuk bergabung dengan kelompok teman sebayaakan membuat remaja belajar untuk melakukan identifikasisosial pada teman sebayanya, tujuannya dan aktifitas yangdilakukan oleh kelompok teman sebaya tersebut. 3) Sensitifikasi sosial, yaitu keterlibatan remaja dengan temantemannya,maka ia belajar untuk mengetahui apa yangdiinginkan dan disukai teman-temannya. Remaja dapatberlatih untuk memberikan perhatian kepada orang lain.4) Reorganisasi sosial, yaitu remaja harus mengembangkankonsep dirinya, membangun tentang sikap dan minat yangbaru, membangun hubungan yang baru dengan teman maupunorang tua dan kemampuan dirinya.5) Remaja harus melibatkan diri dengan kegiatan- kegiatan diluaryang positif sehingga ia mampu mengembangkan dirinya danmengembangkan keterampilan sosialnya6) Remaja perlu membangun kontrol diri tentang emosi danmembangun otoritas internal dalam dirinya. Kemampuankontrol diri ini sangat diperlukan ketika remaja awal harusmembangun keterampilan komunikasi interpersonalnya

Random News

Artikel Lain



Pelanggan Online

Bergabunglah,Masukkan email anda ke kolom bawah ini untuk update terbaru


Komentar :

ada 0 komentar ke “remaja hidup di dunia masyarakat”

Posting Komentar

kupu-kupu

Tutorial Blog

nada


Reader Community

 

Katanya Temen Nih

Friend Link

This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra